Sejarah Suzuki 1968 hingga 1997
Sejarah Suzuki dari tahun 1968 hingga 1997 - Suzuki merupakan perusahaan Jepang yang bergerak di bidang industri otomotif salah satunya mobil. Di bawah ini kami sajikan sejarah Suzuki dari tahun 1968 hingga 1997.
- 1968 Suzuki mengembangkan SUV 4x4 (lebih dikenal dengan Jeep di Indonesia) mulai tahun 1968, dan pada tahun 1970 dijual sebagai mobil penumpang di pasar domestik Jepang. Sesuai aturan klasifikasi kendaraan menurut dimensi luar kendaraan, produk pertama Suzuki LJ 10 dijual hanya dengan 3 kursi dan roda cadangan terletak di belakang kursi penumpang. Produk pertama ini sederhana, dengan pintu kanvas, ditenagai mesin 360cc berpendingin udara twin-turbo. Jarak antara kedua as roda adalah 1930 mm dan berat totalnya hanya 600 kg.
- 1974 Ekspor pertama ke Australia menandai lahirnya LJ 50 dengan mesin 550cc tiga silinder dua langkah. Lihat air dingin. Roda cadangan dipindahkan ke luar dan kursi penumpang ditempatkan di belakang, di depan. Dua varian, hard dan soft, tersedia untuk pasar Australia dan segera dikenal sebagai "mobil lucu".
- 1977 Pengembangan LJ80 berlanjut. Perubahan pada bentuk bodi terbilang minim, hanya spatbor depan dan belakang yang diperlebar agar terlihat lebih elegan. Bagian bawah penutup tetap sedikit ditekuk dengan klip pegas, seperti LiveJournal sebelumnya, hanya sedikit lebih tinggi untuk memberikan lebih banyak ruang untuk modifikasi paling signifikan, "mesin baru". Mesin empat silinder berpendingin air 800 cc menghasilkan 41 tenaga kuda. LJ80 laris manis di Australia saat diluncurkan pada tahun 1978. Ketika LJ80 pertama kali diekspor ke Belanda dan kemudian ke beberapa negara Eropa, LJ80 benar-benar menciptakan segmen baru di pasar "4x4 rekreasi untuk bersenang-senang".
- 1982: Suzuki terus menikmati kesuksesan yang semakin meningkat di pasar Jeep domestik hingga tahun 1982, meskipun masih didukung oleh ekspor SJ410, kendaraan 4x4 yang desain dan gayanya benar-benar baru pada saat itu. SJ410 masih mewarisi performa off-road dan telah ditingkatkan secara signifikan, antara lain, meski masih menggunakan per daun, namun dilindungi oleh peredam gas di suspensi pegas belakang. Mesin ditingkatkan menjadi 1000cc empat silinder. Kombinasi bodi yang relatif kecil dan mesin bertenaga membuat SJ410 mendapat julukan off-road "Giant Killer".
- 1984 SJ413 diperkenalkan sebagai penyempurnaan dari SJ dengan tetap mempertahankan performa mobil penumpang. Perbedaan utama adalah mesin empat silinder 1300cc. Interior SJ413 diperbarui untuk kenyamanan konsumen, termasuk gearbox lima kecepatan. Suzuki memperkenalkan Samurai tahun berikutnya, menambahkan fitur tambahan untuk ekspor. Dengan banyak fitur untuk menavigasi jalan yang tidak rata, Samurai dengan cepat mendapatkan pengakuan dunia atas keunikannya.
- Pada tahun 1988, keluarga 4x4 Suzuki diperluas dengan peluncuran 4x4 baru, Suzuki Vitara tiga pintu. Dilengkapi dengan mesin aluminium ringan 1600cc generasi terbaru, Vitara langsung sukses. Kenyamanan ditingkatkan dengan mengganti pegas daun dengan pegas koil. Sistem penggerak semua roda lima kecepatan dan girboks dua kecepatan terintegrasi, dipadukan dengan kemudi yang terkontrol, membuat Vitara tidak hanya nyaman di jalan raya, tetapi juga mudah dikendarai di berbagai kondisi medan.
- 1991 Rentang Vitara terus berkembang dan diperluas dengan model 5 pintu. Dengan lebar yang sama, jarak sumbu roda bertambah menjadi 2480 mm. Beberapa model mulai dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar untuk menghasilkan tenaga hingga 80 tenaga kuda. dan konverter katalitik untuk mengurangi emisi. Selain itu, mesin injeksi multi-titik 16 katup dengan kapasitas hingga 95 hp diperkenalkan. Ketersediaan opsi transmini otomatis dan peningkatan interior yang memberikan ruang kaki lebih dan kenyamanan berkontribusi pada pertumbuhan penjualan Vitara.
- 1990: Vitara 5 pintu paling bertenaga hingga saat ini dibangun menggunakan mesin V6 2000cc 24 katup dengan 4 poros bubungan atas. cm dan 134 tenaga kuda. Untuk mengimbangi kemampuan mesin, kabin juga dilengkapi berbagai fitur premium seperti dual airbag, electric window, electric spion, dan central locking.
- Pada tahun 1997, mesin diesel turbo diperkenalkan pada tahun 1996, diikuti dengan versi intercooler pada tahun berikutnya. Dengan mesin yang didinginkan ini, dimungkinkan untuk meningkatkan tenaga sebesar 23%, serta meningkatkan torsi sebesar 29%. Kisaran model Vitara yang tersedia benar-benar lengkap. Sasis pendek, sasis panjang, 1,6 liter, 2,0 liter, bensin dan diesel menawarkan keserbagunaan off-road dan kenyamanan on-road maksimal.
Selama 35 tahun terakhir, Suzuki telah mengembangkan dan memproduksi kendaraan roda empat yang sekarang diakui di seluruh dunia dan menunjukkan keahlian dalam desain dan peningkatan berkelanjutan kendaraan off-road yang unik. Grand Vitara XL-7 5 pintu melanjutkan tradisi Suzuki dalam menetapkan standar kenyamanan dan kemewahan berkendara.
Berdasarkan filosofi orisinalitas dan kekuatan desain, XL-7 benar-benar merupakan pengubah gaya hidup dan menjawab keinginan konsumen akan berbagai kemudahan dalam berbagai situasi.
Sumber: suzuki.co.id
Berdasarkan filosofi orisinalitas dan kekuatan desain, XL-7 benar-benar merupakan pengubah gaya hidup dan menjawab keinginan konsumen akan berbagai kemudahan dalam berbagai situasi.
Sumber: suzuki.co.id
Komentar
Posting Komentar